Apa itu Android

Apa itu AndroidBanyak orang membicarakan tentang Android, tetapi apa itu Android? Mengapa sistem operasi yang satu ini begitu fenomenal beberapa tahun terakhir ini. Beberapa vendor ponsel branded/ ternama terlihat begitu tergiur untuk ikut memasukkan sistem operasi ini kedalam jajaran ponsel-ponsel mereka. Sebut saja Samsung yang terlihat paling gencar untuk menggunakan sistem operasi Android kedalam ponsel-ponsel, bahkan tablet milik mereka. Sebelum kita bicara lebih jauh lagi, mari kita lihat cikal bakal kemunculan Android sampai seperti yang kita kenal sekarang. Dengan mengenal Android lebih dalam, diharapkan kita dapat juga menjadi pengembang aplikasi untuk Android.

Android itu sendiri adalah sebuah sistem operasi yang berbasis Linux, yang diperuntukkan untuk perangkat pintar, seperti ponsel dan komputer tablet. Kelebihan Android ini sendiri yaitu, disediakannya platform terbuka agar para pengembang (developer) dapat membuat aplikasi sendiri yang dapat digunakan untuk perangkat-perangkat Android. Nama Android menjadi semakin ramai dibicarakan setelah raksasa mesin pencari Google Inc. membeli Android Inc.

Sekarang mari kita bicarakan tentang beberapa versi dari Android ini. Android yang paling pertama dirilis yaitu Android 1.1. Android ini dirilis tepatnya tanggal 9 Maret 2009. 2 bulan berselang, tepatnya pertengahan mei 2009, Google merilis ponsel dengan versi Android 1.5. yang lebih dikenal dengan sebutan Cupcake. Beberapa penambahan untuk ponsel pada versi ini antara lain kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.

Android 1.6 (Donut). Beberapa tambahan diberikan pada Android versi ini diantaranya yaitu menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech.

Android 2.0/ 2.1 (Eclair). Pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1. adalah beberapa hal yang ditambahkan pada Android versi ini. Versi ini dirilis tepatnya pada tanggal 3 Desember 2009.

Android 2.2 (Froyo – Frozen Yoghurt). Dukungan Adobe Flash 10.1 menjadi perubahan yang signifikan dialami versi ini. Kita juga dapat menginstal aplikasi ke memori eksternal. Kecepatan yang mengalami peningkatan dari 2 sampai 5 kali.

Android 2.3 (Gingerbread). Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu. Versi Gingerbread ini dirilis pada tanggal 6 Desember 2010.

Android 3.0/ 3.1 (Honeycomb). Versi ini dirancang kusus untuk penggunaan komputer tablet. Dukungan layar yang lebih lebar serta multi prosesor membuat versi ini sepertinya idaman para pengguna tablet. Beberapa komputer tablet yang terkenal yang menggunakan versi ini antara lain Motorola Xoom dan Asus Eee pad Transformer.

Android 4.0 (ICS – Ice Cream Sandwich). 19 Oktober 2011 jadi awal dikenalkannya Android versi Ice Cream Sandwich. Fitur Honeycomb yang didesain untuk ponsel pintar serta fitur baru termasuk membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC. Samsung Galaxy Nexus adalah ponsel pertama yang menggunakan sistem operasi ini.

Android 4.1/ 4.2 (Jelly Bean). Versi terbaru dari Android ini membawa beberapa keunggulan dan fitur baru diantaranya meningkatkan input keyboard, desain baru fitur pencarian, UI yang baru dan pencarian melalui Voice Search yang lebih cepat. Fitur photo sphere untuk panaroma, daydream sebagai screensaver, power control, lock screen widget, menjalankan banyak user (dalam tablet saja), widget terbaru.

Setelah begitu panjang penjelasan tentang apa itu Android, mungkin sekarang anda akan sedikit mengerti. Banyaknya manfaat Android ini, serta sistem operasi yang terbuka, pilihan handset yang begitu banyak tentunya amat memanjakan kita sebagai user untuk memilih. Usahakan dalam memilih suatu perangkat ponsel maupun tablet, cari dulu sesuai kebutuhan dan budget. Pelajari dulu fiturnya, seperti mencari dulu Informasi Android terkini di media-media yang terpercaya. Jangan membeli hanya untuk gengsi atau agar dibilang up to date. Akhirnya pilihan tetap kembali di tangan anda.

Leave a Reply