Kamus Istilah-istilah yang ada di Android

Beberapa orang mungkin masih banyak yang mencari kamus istilah-istilah yang ada di Android. Siapa yang tidak kenal Android. Sistem operasi besutan Google ini sekarang menjadi primadona dan digunakan hampir oleh seluruh vendor ponsel terkenal. Bahkan muncul juga sekarang beberapa gadget game portable yang mengusung sistem operasi Android ini. Tentunya kita sebagai pengguna hp, harus cerdas dalam memilih hp dan sistem operasi yang berada di dalamnya. Termasuk mengetahui arti, istilah, maupun fungsi dari sistem operasi itu.

Berikut saya coba post sedikit kamus istilah-istilah yang ada di Android. Apabila ada yang kurang, mohon dimaklum ya, karena saya juga sama-sama belajar.

 

A
.apk = Ekstensi file untuk aplikasi Android.
ADB (Android Debug Bridge) Tools = Sebuah tool yang digunakan untuk command terminal di sistem android. Perintah dasar seperti : ADB Push (upload file ke sistem android), ADB Pull (download file dari sistem Android), ADB Install (install apk (paket installasi) file ke sistem android).
adb shell logcat = digunakan untuk mengetahui proses yg terjadi di Android. Sangat berguna untuk percobaan flashing rom…
adb.exe = bisa di ambil dari sdk (sudah termasuk di dalam android sdk). Berada di folder tools, untuk mengetahui fungsi command adb bisa juga degan mengetik “adb help”
Android Market = Disebut juga Google Play Store, tempat dimana aplikasi untuk Android berada, kebanyakan bersifat gratis, tetapi ada juga yang berbayar.
Android SDK = Merupakan paket starter yang berisi tools, sample code, dan dokumentasi penggunaan yang berguna untuk pengembangan aplikasi Android.
Android Virtual Device (AVD) = Merupakan Emulator untuk menjalankan OS android di PC dekstop maupun laptop pada system operasi Windows, Mac maupun Linux.
Android = Sistem Operasi yang menggunakan kernel linux 2.6 dan Dalvik VM yang dibuat oleh Android, Inc., Google.
AOSP = Android Open Source Project. Saat kita mengatakan bahwa Android itu open source maka kita merujuk pada hal ini, tempat dimana source code untuk Android berada dan bisa diunduh serta dipakai oleh siapapun.
APK = Android Package, seperti  layaknya IPA di iPhone (buat pngguna iPhone), SIS di Symbian atau JAR di peralatan berbasis java.
App Inventor = Sistem berbasis web dimana aplikasi Android bisa dibuat tanpa perlu tahu bagaimana cara meng-code-nya. Dihentikan oleh google tapi dirilis sebagai proyek open-source.
App2SD = Mekanisme memindahkan data secara otomatis di /data/app di internal memory (yang berisi paket aplikasi apk file) ke /data/app di sdcard, dengan partisi yang serupa, yaitu ext2/ext3.
apply sdcard/update.zip = untuk mengupgrade firmware lewat file pada SDCard
Apps = Singkatan dari “applications” atau aplikasi. Program yang kita download dan jalankan di handheld kita. Bisa gratis bisa juga berbayar.
APPS2SD = aplikasi (apk) diinstal ke SDCard/ Proses memindahkan/menyimpan aplikasi ke SDcard selain ke memori internal.

B
Backup = Disebut juga cadangan, bentuk media bisa jadi file, hasil copy dari file (mirror) image yang dapat di ambil dari harddisk atau operating system dan bisa juga file dibuat oleh aplikasi backup untuk restore.
Beta = versi percobaan, dapat juga berarti versi yang belum sempurna.
Bluetooth = Short-range radio yang dibuat pada smartphones, yang membuat kita bisa menghubungkan headsets, speakerphones atau bahkan menghubungkan komputer dengan smartphone di frekuensi 2.4 GHz
Boot = Proses menghidupkan handheld (hh).
BootAnimation.zip = File boot Animation berupa file PNG sequensial yg terletak di /system/media/
Bootloader = internal mode di handphone yang membantu dalam flashing dan aktivitas lain
BootLoop  = device melakukan boot terus menerus (berulang-ulang), terjebak di bootanimation, tidak dapat masuk ke OS, hal ini akibat kesalahan flashing atau ada file milik system yang tidak berjalan dengan baik. bootloop dapat diatasi dengan wipe data & wipe cache partition atau kalau masih bootloop dapat diflash ulang.
BRICK = kondisi dimana device dianggap sudah tidak bisa di perbaiki.
Build.prop  = merupakan file konfigurasi hardware dan OS Android.
Busybox  = Kumpulan command-command linux shell yang dipakai di sistem Android.

C
C/C++ = Merupakan bahasa pemrograman yang dipakai untuk file library aplikasi Android.
Cache2SD = Proses memindahkan/menyimpan Cache dari ROM ke SDcard,
Charger = File yang serupa dengan Chargemon, hanya saja ini dipakai pada saat charging offline.
Chargermon = File untuk booting menu, yang dipakai untuk dualboot atau untuk boot ke menu recovery, layaknya boot menu grub.cfg di linux dan boot.ini di windows.
Cupcake = Android Platform versi 1.5
CWM Recovery (ClockWork Mod) = Aplikasi ini asalnya dibuat oleh Koush, untuk mengatur ROM di hp Android. Banyak kegunaan CWW ini salah satunya untuk membackup dan restore aplikasi, menghapus (wipe) data di sistem dan di cache (Dalvik). Biasanya diperlukan untuk menginstall (flashing) ROM baru, menjalankan atau mematikan Lagfix dari kernel Voodoo dsb.

D
Dalvik VM : Bagian dari arsitektur Android, merupakan virtual machine yang berfungsi sebagai runtime aplikasi Android antara JAVA programming dan Library C/C++.
Data2SD : Suatu mekanisme untuk memindahkan otomatis semua data di /data/internal memory ke /data/ di SD Card.
DDMS (Dalvik Debug Monitor Server) : Merupakan aplikasi untuk nge-debug atau menelusuri proses berjalannya aplikasi-aplikasi di OS Android, dan juga dapat dipakai sebagai file manager maupun screencapture/screenshot display di Android.
Diagnostic Mode = Tombol Capture + Power. mode boot untuk test
DLNA: Singkatan dari Dynamic Living Network Alliance, suatu metode untuk men-stream foto dan video secara nirkabel dari telepon pintar kita ke TV.
Donut : Android Platform versi 1.6

E
ext2 = file system yang digunakan oleh Linux Kernel, yaitu seperti format file FAT maupun FAT32 di windows.
Eclair : Android Platform versi 2.1
Eclipse : Merupakan IDE (Integrated development environment) untuk programming Java-Android.

F
Fastboot = Mode yang mirip dengan bootloader, dimana kita bisa memflash komponen low-level ke telepon kita.
FC (force close) = keadaan ketika suatu applikasi yang mendadak mati/error.
Firmware = Firmware sendiri dapat dikatakan sebagai versi dari operating system. Flashing Hanya dilakukan untuk advance user.
FLASH = suatu proses yang dilakukan untuk mengisi ROM
Flash/Flashing = Metode yang dilakukan untuk upgrade ROM Firmware.
framework = tampilan-tampilan dasar pada firmware, seperti battery bar, signal bar, notification bar.
Framework-res = File yang dipakai untuk tema di sistem Android.
Froyo = Android Platform versi 2.2

G
Gingerbread = Android Platform versi 2.3
Gmail = Layanan email dari Google.
GMS = Google Market Services, tempat download nya aplikasi2 di Android.
Google = Perusahaan multi nasional asal Amerika yang bergerak terutama di bidang produk dan servis internet.
Google+ = Jejaring sosial dari google.
GUI = Graphical User Interface , interface aplikasi yang lebih bersifat grafis.

H
Hack/ Hacking Android = Memodifikasi sitem Android untuk menambahkan kustomisasi, fitur, atau melewati batasan yang dibuat oleh operator atau OEM (lihat root).
Honeycomb = Android Platform versi 3.0

I
Ice Cream Sandwich : Android Platform versi 4
IMAP = Internet Message Access Protocol, salah satu protocol untuk retreive email selain POP3
Internal Storage = media penyimpanan yang merupakan partisi dari ROM.

J
jit(just in time) = compiler Dalvik dalam android, jit itu seperti tweaking agar processor dan I/O device dapat bekerja maksimal
Java = Bahasa pemrograman yang dipakai di Aplikasi Android

K
Kernel = Fungsi Kernel adalah sebagai jembatan antara Operating System (OS) dan hardware. Dengan kata lain, kernel berfungsi sebagai penghubung antara sofware dengan hardware. Dalam konteks hanphone Android, kernel juga menyimpan informasi driver untuk hardware. Oleh karenaya Kernel bisa diganti dengan proses flashing untuk meningkatkan performa hardware Android, misalnya overclock, memaksimalkan kemampuan suara, grafis dan lain-lain.
Key Lime Pie = Sistem operasi Android paling baru versi 5.0 yang direncanakan akan rilis tahun 2013.

L
LBS (Location Based Sistem) = Adalah sistem yang berbasis lokasi, seperti halnya aplikasi foursquare dan facebook places di HP Android.
Link2SD = Mekanisme memindahkan secara manual data di /data/app di internal memory ke partisi ext2 di SD card /data/app.

M
Multitouch = Suatu fitur layar sentuh yang memungkinkan layar dapat menangkap lebih dari satu input sentuhan.

N
Normal Mode : Cara normal menghidupkan handheld (hh).

O
Odex = Dalam file sistem Android, aplikasi berbentuk paket dengan extensi APK. Paket aplikasi atau APK ini mempunyai file ODEX yang fungsi sebenarnya adalah untuk menghemat ruang penyimpanan. File ODEX ini sebenernya koleksi dari bagian dari aplikasi yang di optimalkan sebelum proses boot. Dengan begitu, adanya file ODEX akan mempercepat proses BOOT karena meload bagian dari aplikasi2 yang ada. Di sisi lain, adanya ODEX mempersulit proses hacking terhadap APK, karena beberapa bagian dari APK telah di extract dan berada di lokasi yang laen sebelum di eksekusi.
OTA (Over The Air) = Suatu metode pengiriminan data, Update yang resmi disediakan oleh penyedia atau pembuat handphone langsung ke pemakai. Dengan OTA ini HP kamu bisa mengetahui jika ada update terbaru seperti: Firmware, Profile, PRL (Profile Roaming List) dan Android. Proses update OTA biasanya berlaku untuk stock ROM saja.
Overclock = Membuat suatu perangkat untuk berjalan di kecepatan yang lebih tinggi daripada ketentuan pembuat perangkat tersebut. Prinsipnya adalah membuat performa lebih tinggi. Tetapi perlakuan ini beresiko menyebabkan kestabilan sistem yang berkurang sampai rusaknya peripheral computer yang dioveclock. Overclock biasanya dipraktekkan oleh para pengguna PC untuk “memaksa” periferal komputer bekerja diatas kemampuan standar yang ditentukan pabrikannya dengan tujuan akhir untuk meningkatkan performa kerja komputer. Perangkat PC yang di-overclock sama saja dengan dipaksa melebihi kemampuan aslinya. Namun, overclock PC ini, selain membuat perangkat sistem menjadi tak stabil, dapat membuat kerusakan pada perangkat keras, terutama Mainboard, RAM, dan Prosesor.

P
Partisi = Membagi memori external membagi beberapa bagian.
POP3 = Post Office Protocol 3, salah satu protocol TCP/IP port 110 dalam menarik email.

R
RAM = Random Access Memory, fungsinya sama dengan RAM/Memory yang ada di komputer
reboot system now = disebut juga restart, yaitu menghidupkan ulang sistem.
Recovery Mode = adalah satu proses yang bisa dilakukan di Android sebelum masuk OS. Proses ini mirip BIOS di komputer dimana kita bisa mengubah konfigurasi hardware di Android. Melalui Recovery mode kita juga bisa melakukan flashing ROM (mengganti OS), format data, sistem dan factory reset. Lokasi partisi untuk Recovery berbeda dengan OS dan jika OS diganti Recovery ada kemungkinan Recovery akan mendapat dampaknya. Flashing Stock ROM biasanya akan mengembalikan Recovery mode ke Stock Recovery juga. Akan tetapi, Custom ROM kemungkinan tidak mengubah Recovery mode, tergantun Custom ROM yang dipilih. Contoh custom Recovery adalah CWM (ClockWork Mod) Recovery
Reset (hard, soft) = Proses dalam rebooting telepon. Soft reset adalah mematikan atau menyalakan telepon, atau dengan melepas batere. Sedang hard reset juga diartikan sebagai factory reset, dan menghapus semua data di handheld kita.
Revolution = Handheld Adroid dengan layar 4.3-inchi dari LG. Versi lain dari LG Optimus 2X yang dibundling dengan Verizon.
Revue = Google TV set-top box dari Logitech, yang terdiri dari full-sized keyboard, dan memiliki kemampuan nirkabel. Salah satu gadget Google TV pertama.
ROM = Secara harafiah berarti “Read Only Memory.” Di dalam Android, inilah yang kita jalankan saat saat memakai handheld.
Root (SD card) = Base folder (atau top level) dari suatu SD card. Sering dianggap sebagai /sdcard di suatu file structure.
Root = Proses untuk merubah privilage dari user biasa menjadi superuser / dengan kata lain layaknya menjadi seorang administaror dalam os windows.

S
Safe Mode = Tombol Menu + Power, boot handheld secara normal tetapi tanpa registrasi dengan Google
SD card (atau microSD card) = berfungsi sama dengan Disk tambahan (external storage), kartu kecil yang terbuat dari plastik untuk meningkatkan kapasitas memori di handheld kita, digunakan oleh applikasi untuk menyimpan data, kita juga bisa menyimpan lagu, foto, dll. disitu.
Sideload Wonder Machine = Program open-source yang membuat kita bisa menginstall aplikasi via computer, menerobos batasan yang dibuat oleh operator (hanya terjadi di handheld yang dibundling operator di AS)
Sideload = Suatu tindakan untuk menginstall aplikasi yang didapat dari luar Android Market.
Superuser = Merupakan file yang dipakai untuk masuk sebagai su (superuser), administrator di sistem android.
Swap = mempermudah kinerja RAM (bukan menambah RAM), jd tidak akan ada peningkatan pada hasil benchmark DLL.

T
Tweak = sebuah fasilitas (utility) yang tersedia pada sistem operasi atau proses yang dapat mengoptimalisasikan kinerja sistem operasi.

V
VGA = Video Graphics Array, adalah standar resolusi grafik (photo/video) yang lebih baru yang diperkenalkan oleh IBM. Ukuran standar VGA adalah 640 x 480 pixel.

W
Widge = salah satu aplikasi yang GUI nya lebih bersifat interaktif.
Wipe cache partition = menghapus partisi pada SDCard.
Wipe data/factory reset = sama seperti factory reset.

 

 

 

 

 

Leave a Reply