Mengenal GPU Android

Kita mungkin sudah sering mendengar istilah GPU, saat ingin membeli smartphone Android. Sering kita mendengar GPU Adreno, Mali dengan angka-angka seperti Adreno 200, Mali 400. Namun tahukah kita apa itu GPU? Apa arti angka sesudah nama GPU itu? Untuk itu mari kita mengenal GPU Android lebih dalam melalui sedikit penjelasan dari Droidku berikut ini.

GPU (Graphics Processing Unit) adalah sebuah prosesor yang khusus menangani bagian grafis 3D dari sebuah microprocessor. Prinsip kerjanya sama dengan VGA pada komputer. Pada smartphone Android, GPU berperan sangat penting dalam menangani grafis 3 dimensi/ 3D. Apalagi dewasa ini game-game HD dengan tampilan grafis 3D begitu menghiasi Play Store, menunggu para droider untuk mendownloadnya di HH masing-masing.

Untuk mengetahui jenis GPU ini, maka baiknya kita pun harus mengenal GPU Android secara lebih mendetail. Berikut adalah jenis-jenis GPU.

  1. Adreno.
    Adreno sendiri adalah buatan dari ATI. ATI sendiri seperti yang sudah kita ketahui adalah anak perusahaan dari AMD. Tentu sobat sudah mengenal kan perusahaan apa AMD itu. Beberapa seri Adreno yang mereka keluarkan diantaranya, Adreno 130, Adreno 200, Adreno 205, dan Adreno 220.
  2. PowerVR.
    Dulu PowerVR sempat menghiasi persaingan VGA. Seri buatan video logic ini, kini hanya fokus pada mobile GPU setelah persaingan VGA didominasi oleh ATI dan NVIDIA. Beberapa seri yang digunakan untuk GPU Android diantaranya, SOC Hummingbird/SGX540 clock 200 seperti yang digunakan pada Samsung Galaxy S, SOC OMAP seri 3/SGX530 dapat ditemukan pada Droid X, Motorola Defy, Samsung Galaxy SL, Motorola Mile 2, Droid 2 dan LG optimus Black. Untuk seri terbarunya yaitu SGX544MP+ akan berada di OMAP 5 yang menggunakan quadcore dual CPU A15 (eagle platform)+ dual CPU Cortex-M4 cores dengan clock prosesor hingga 2 GHz.
  3. Mali.
    Walau jarang terdengar, tetapi GPU yang arsitekturnya dibuat ARM ini tidak bisa dianggap sebelah mata. Yang paling sering digunakan untuk smartphone adalah Mali 400MP4. Bahkan kabarnya seri ini mampu merender grafis hampir setara PS3 maupun Xbox 360.
  4. GeForce ULP.
    ULP yang berarti Ultra Low Power, adalah seri GeForce ULP yang merupakan bagian dari SOC Tegra 2. SOC Tegra 2 sendiri adalah besutan NVIDIA. Penggunaan Quadcore 4 pixel shaders + 4 vertex shaders hingga total ada 8 core yang berada di dalamnya, membuat seri ini sangat bagus untuk digunakan.

Lantas manakah GPU yang terbaik? Tentu saja hal ini tidak bisa dijawab hanya dengan melihat seri GPU tersebut. Masing-masing seri mempunyai kelebihan dan kelemahan tergantung dari support system on chip masing-masing. Untuk mengetahui GPU yang terpasang pada hh, kita dapat menginstal aplikasi seperti quadrant standard edition atau sejenisnya. Anda dapat menemukan aplikasi ini di PlayStore dan mendownloadnya dengan gratis. Baiklah, mungkin penjelasan yang sedikit dari saya ini dicukupkan sekian. Semoga pengetahuan mengenai mengenal GPU Android dapat menambah ilmu sobat Droid semua.

Leave a Reply