Motorola Ara, Ponsel yang bisa Ganti Komponen

Motorola Ara, atau lebih tepatnya pihak Motorola menyebutnya Project Ara. Sebuah ponsel Android yang di gadang-gadang akan merubah wajah ponsel atau smartphone saat ini. Lantas apa saja sih kelebihan yang ditawarkan oleh Motorola Ara, ponsel yang bisa ganti komponen ini, sehingga banyak orang yang merasa penasaran menunggu kelanjutan beritanya.

Project Ara sendiri nantinya akan memungkinkan pengguna ponsel, memiliki ponsel dengan bentuk, fitur, sesuai dengan keinginan mereka, dalam arti pengguna dapat mengganti-ganti hardware ponsel tersebut. Hardware? Ya, anda tidak salah membaca. Hardware/komponen ponsel ini dapat dilepas dan dipasang dengan mudah. Motorola Ara dapat juga berarti suatu platform hardware yang sepenuhnya terbuka untuk dilakukan modifikasi.

“Tujuan kami adalah mendorong hubungan yang lebih bijaksana, ekspresif dan terbuka antar pengguna, pengembang, dan ponsel mereka. Memberikan pengguna kebebasan dan keleluasaan untuk, seperti apa bentuknya, komponen apa saja pendukungnya, berapa harganya, serta berapa lama pengguna akan menyimpannya” begitulah pernyataan Google dalam blog resmi Motorola.

project-ara-ponsel-yang-bisa-berganti-komponen

Komponen apa saja yang sekiranya dapat di custom oleh pengguna nya? Komponen-komponen seperti processor, RAM, kamera, sensor gerak, baterai kemungkinan akan didesain dalam bentuk yang kompak sehingga memudahkan untuk dibongkar pasang oleh pengguna.

Berikut dapat dilihat video tentang Phonebloks:

Pengerjaan Project Ara sendiri memakan waktu satu tahun. Suatu kemajuan yang sangat berarti mengingat dampak yang sekiranya ditimbulkan oleh hadirnya Motorola Ara ini. Bagaimana dengan anda? Menurut anda Motorola Ara, ponsel yang bisa ganti komponen ini cukup menarik para gadget mania di seluruh dunia kah, atau menjadi anti klimaks? Kita tunggu.

Leave a Reply