Partisi SD Card untuk App Link2SD Android

Pada artikel kali ini, saya akan mencoba memberikan gambaran tentang cara Partisi SD Card untuk App Link2SD Android kita. Tentu saja hape android kita harus sudah dalam keadaan root. Bagi yang belum mengetahui cara rooting Android, ada baiknya saudara googling dulu, atau nanti pada artikel berikutnya akan saya jelaskan cara-cara nya.

Sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu, kenapa hape kita/ handheld (selanjutnya akan saya singkat hh) memerlukan kartu memori yang di partisi. Secara umum, kartu memori hanya mempunyai satu buah partisi yaitu fat32. Sementara itu beberapa hh ternyata mempunyai memori internal yang kecil. Patut diketahui, walaupun kita menginstal game atau aplikasi di kartu memori, tetap saja di memori internal pun akan bertambah walaupun sedikit. Untuk itu kita memerlukan partisi sd card/ kartu memori agar dapat meringankan kerja memori internal. Biasanya partisi SD Card dibagi menjadi 3, yaitu fat32, ext2, dan linux swap.

Penjelasan singkat mengenai fat32, ext2, dan linux swap. Pada partisi fat32, yaitu partisi yang bisa kita gunakan untuk menyimpan file-file kita seperti lagu, video, file mentahan apk, pokoknya apapun itu seperti halnya kita menyimpan di sd card biasa. Intinya fat32 adalah tempat kita menyimpan file2 di kartu memori. Partisi ext2 digunakan untuk memindahkan aplikasi yang di simpan di memori internal ke kartu memori secara paksa. Hal ini dilakukan dibantu oleh aplikasi Link2SD. Tentu saja hh kita harus dalam sudah dalam kondisi root. Sementara yang terakhir linux swap yaitu partisi yang membantu untuk meringankan kinerja RAM hh kita. Hal ini berguna apabila hh kita memiliki RAM yang kecil.

Berikut langkah-langkah Partisi SD Card untuk App Link2SD Android :

  • Download Mini Tool Partition Wizard Server Edition 7.7.
  • Instal software tersebut di pc anda.
  • Masukkan kartu memori ke card reader yang terhubung dengan komputer.Jalankan program, dan tunggu sampai kartu memori terdeteksi. Pilih SD Card tersebut dan klik Delete sehingga menjadi unallocated. Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.
    Partisi SD Card untuk App Link2SD Android
  • Klik kanan pada disk unallocated kemudian klik create.
    Buat Partisi fat32
  • Untuk partisi pertama kita buat partisi fat32. Dalam contoh ini saya menggunakan sd card/ micro sd/ kartu memori sebesar 4GB. Dapat dilihat pada gambar berapa ukuran yang saya berikan untuk partisi fat32 ini.
    Partisi fat32
  • Setelah anda klik ok, maka yang selanjutnya kita lakukan adalah membuat partisi ke dua yaitu partisi ext2. Untuk pengaturan nya dapat dilihat dengan jelas pada gambar berikut.
    Buat Partisi ext2
  • Oiya, apabila anda menemukan error message seperti ini, jangan kaget ya. Hal ini disebabkan window yang tidak mengenali partisi ext2.
    Error Message
  • Partisi yang terakhir yaitu linux swap, yang berguna untuk membantu kinerja RAM. Pengaturan nya dapat dilihat melalui gambar berikut.
    Partisi Linux Swap
  • Berikut adalah pengaturan akhir semua partisi tersebut di atas. Bisa dilihat partisi oleh lingkaran berikut.
    finish dan apply
  • Setelah selesai semua pengaturan di atas jangan lupa untuk klik apply agar program melakukan perubahan seperti yang kita inginkan.
  • Setelah semua nya selesai, disconnect kan sd card di pc, kemudian masukkan ke hh kamu, instal aplikasi Link2SD. Maka kamu akan bisa memindahkan aplikasi yang susah dipindahkan ke kartu memori dengan mudah.

Oke, saya rasa sampai di sini dulu pembahasan mengenai Partisi SD Card untuk App Link2SD Android. Saya harap kita dapat sama-sama belajar tentang Android di lain kesempatan. Jangan lupa untuk terus mengikuti perkembangan dan update masalah Android hanya di DroidKu.

8 Comments  

  • iyo

    Thank you, gan. Gw dah coba pake berbagai cara tp link2sd gw ga mo create link. Akhirnya gw coba ikutin instruksi agan n berhasil…. !

    September 1, 2013 - 3:43 pm/ Reply
    • Yuyun Author

      Sama-sama gan. Selamat ya 😀

      September 6, 2013 - 2:42 pm/ Reply
  • aa

    gan..hp gw udah rooting,sd uda dipartisi fat32 ma ext4,linux swap.,.,.,..
    link2sd uda diinstal.,..tp pas gw mo move2sd aplikasi muncul peringatan “app2sd not support bcouse device has a primary external is emulated from internal”
    MOHON PENCERAHANYA GAN… TRIMZ…

    September 15, 2013 - 11:21 am/ Reply
    • Yuyun Author

      hp nya apa gan?

      coba make link gan, untuk lebih jelasnya agan bisa baca di sini —> http://www.link2sd.info/faq , di bagian akhir artikelnya.

      Semoga bisa membantu gan. Terima kasih sudah berkunjung.

      September 16, 2013 - 2:42 am/ Reply
  • RianDi D. Gagerz

    waaaaa….. ini situsnye yeyen ya???? mantafff… mantafffff

    October 3, 2013 - 11:28 pm/ Reply
    • Yuyun Author

      Makasih sudah berkunjung teman. 😀

      October 4, 2013 - 12:45 pm/ Reply
  • Qiqi

    tanya gan… setelah membuat partisi swap seperti diatas apakah swapnya bisa langsung aktif secara otomatis (ram otomatis langsung terbantu)? atau harus ada syarat lain / langkah lain lagi untuk mengaktifkan fungsi swap tersebut? kog rasanya seperti gak ada bedanya lho gan..
    trimakasih

    May 27, 2014 - 2:44 pm/ Reply
  • kosim

    klu partisi lwat kabel data apa yg akln trjdi

    December 20, 2014 - 10:51 am/ Reply

Leave a Reply